Masakan Sayur Mangut Ikan Manyung Ala Ibu Idah

Assalamualaikum wr.wb pada blog kali ini saya akan bercerita tentang masakan sayur mangut kepala manyung

A. Sejarah masakan
     Sayur mangut merupakan makanan yang banyak terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayur mangut ini sudah ada sejak zaman dahulu dan hingga saat ini masih banyak orang yang mengenal sayur mangut ini. Karena rasanya yang enak saya mencoba membuat masakan sayur mangut dengan bantuan ibu saya. Resep yang diberikan ibu saya sudah saya pelajari hingga saat ini.


B. Cerita dibalik masakan
    Sayur mangut kepala manyung merupakan makanan yang sangat disukai keluargaku. Kepala manyung jarang ditemukan karena harganya yang cukup mahal dan susah untuk didapatkan,hanya dipasar tertentu saya bisa menemukan kepala ikan manyung. Sayur mangut memerlukan cukup banyak bumbu untuk mengolahnya yang akan membuat masakan ini memiliki bau yang khas. Sayur mangut sangat cocok untuk menu makanan sehari-hari.

C. Jenis masakan
     Jenis masakan yang saya buat adalah sayur mangut kepala manyung yang sudah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayur mangut kepala manyung ini juga menjadi masakan andalan bagi keluarga saya


# Bahan-bahan masakan:
*  Kepala ikan manyung
*  Cabai
* Bawang merah
* Bawang putih
* Kencur
* Kunyit
* Lengkuas
* Jahe
* Daun jeruk
* Daun salam
* Terasi
* Ketumbar
* Santan
* Garam secukupnya
# Alat-alat:
 * Spatula
 * Wajan
 * Mangkuk
 * Pisau 
 * Cowek

D. Cara meracik/ membuat sayur mangut
     Resep sayur mangut ini saya belajar dari ibu saya dan diberikan bagaimana cara memasak sayur mangut ini, karena semua bahannya sudah ada semua jadi tidak memerlukan waktu lama untuk membuat sayur ini, sehingga masakan ini menjadi andalan bagi keluarga saya. Sayur mangut ini memerlukan cukup banyak bumbu seperti  cabai, bawang merah, bawang putih,kencur, kunyit,lengkuas,jahe,daun jeruk,daun salam,terasi, ketumbar,santan,garam secukupnya dan bumbu yang cukup banyak akan menambah cita rasa masakan tersendiri.

# Langkah-langkah:
1. Siapkan bumbu dan alat

Kumpulkan semua bumbu seperti: cabai, bawang merah, bawang putih,kencur, kunyit, lengkuas,jahe,daun jeruk, daun salam, terasi, ketumbar, santan, garam secukupnya.

2. Siapkan bahannya
siapkan 2 kepala ikan manyung dan 3 buah kelapa yang sudah dibelah

3. Setelah itu siapkan kelapa yang sudah diparut
Parut kelapa seperti itu dan taruh dibaskom

4. Setelah itu peras kelapa hingga mengeluarkan santan Peras kelap hingga mengeluarkan santan dan taruh dimangkuk

5. Siapkan wajan,minyak goreng untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan Nyalakan kompo dan panaskan minyak goreng.
6. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan santan kedalam wajanMasukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan santan yang sudah diperas
7. Masukkan kepala ikan manyung kedalam wajanSetelah bumbu dan santan dimasukkan kemudian masukkan kepala ikan manyung dan tunggu hingga air mendidih

8. Angkat lalu sayur mangut sip disajikanSetelah itu hidangkan diatas mangkuk yang sudah disiapkan dan sayur mangut kepala manyung siap disantap

E. Teknik memasak
    Teknik sayur mangut dimasak dengan teknik merebus dengan tambahan santan. Sayur mangut tidak memerlukan waktu lama untuk memasaknya, cukup masak sayur mangut hingga santan mendidih agar kepala manyung bisa matang sempurna dan sayur mangut siap disantap dan jangan lupa icip sayur agar menjadikan rasa yang pas.

F. Cara menghilangkan
   Sayur mangut biasanya dihidangkan untuk makan bersama nasi apalagi dalam keadaan yang masih hangat sehingga akan menambah citarasa yang  menggugah selera apalagi disantap bersama keluarga

G. Kapan dan bersama siapa dinikmati
     Sayur mangut kepala manyung biasanya dapat dinikmati kapan saja bersama keluarga dan untuk makanan sehari-hari yang cukup mudah dibuat. Sayur mangut biasanya dinikmati dengan nasi hangat,karena rasanya yang enak sayur mangut kepala manyung ini menjadi menu andalan keluarga saya. Apalagi kalau disantap bersama keluarga yang akan menambah suasana menjadi harmonis.

H. Kekhasan cita rasa
     Sayur mangut kepala manyung memiliki cita rasa yang khas karena rasanya yang enak dan lezat. Apalagi kalau sayur mangut ini dinikmati bersama keluarga pasti rasanya akan menjadi nikmat.

I. Hal yang menarik dari masakan
   Hal yang menarik dari sayur mangut kepala manyung adalah rasanya yang khas dan teknik memasaknya tidak memerlukan waktu yang lama. Apalagi saya memasaknya dibantu ibu saya yang akan memberikan kesan menarik.

J. Peluang menjadi kuliner andalan/kuliner warung/warung online
 Sekarang sudah banyak warung modern yang cukup banyak dikalangan masyarakat yang sudah menjual sayur mangut. Karena mudah sekali untuk membuatnya dengan bumbu yang mudah didapat. Walaupun harga kepala manyung cukup mahal tapi peminatnya cukup banyak.

K. Kendala stok bahan masakan
    Kendala yang saya alami saat memasak sayur mangut adalah kepala ikan manyung yang susah didapat dan harganya yang cukup mahal.


Demikian blog kali ini  yang dapat saya ceritakan. Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Penulis: Susi Angraeni, Tinggal di Desa Trembes, kecamatan:Gunem, kabupaten: Rembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesehatan Remaja

Pemberdayaan Komunitas Wisata Pagar Pelangi Desa Dadapan